Minggu, 23 November 2008

RESENSI BUKU "TEST PACK"

ARTI SEBUAH KOMITMEN

I love you because…..

Banyak hubungan yang patah hilang berganti karena tidak memiliki komitmen.

“ I love you because of the way she treats me”

“ I love because of the way she make me feel”

“ I love her because she’s beautiful”

“ I love him because she’s falling on my feet with roses and jewels”

It may sounds romantic dan melakukan hal tersebut bukan sesuatu yang salah. However. Sometimes too romantic that we often hear people saying that in a cinema, with us eating popcorn and shushing rude people.

Jarang dari mereka (dan mungkin kita sendiri) berpikir

“ I love him because of the way he treats me”

Ø What happens if he stops treating you the way you love?

“ I love him because of the way he makes me feel”

Ø Then what happens if he stops making you feel that way?

“ I love her because she’s beautiful”

Ø Three weeks later bus hit her

“ I love him because she’s falling on my feet with roses and jewels”

Ø Out of the blue, he’s broke that he couldn’t buy you roses and jewels anymore

Jarang ada yang mengatakan

“ Saya sayang dia karena saya ingin menyayanginya.”

itulah komitmen. Komitmen adalah sumber kekuatan, bukan sesuatu yang justru membuat orang takut untuk menghadapinya.

Komitmen adalah sumber kekuatan bagi seorang istri untuk pergi jauh melihat baik dan buruknya suami. Menerima dia ketika sedang tampan dan menerima juga manakala dia sedang menguap dengan jeleknya saat bangun pagi.

Komitmen adalah sumber kekuatan bagi seorang suami ketika mengetahui seorang wanita lain mengajaknya berselingkuh dan ia memilih pulang ke rumah untuk makan malam dengan istri dan berbagi kisah sambil tertawa.

Sebuah makhluk bernama komitmenlah yang membuat seorang bapak tidak malu kepada rekan kerjanya dan berkata, “ Kenalkan ini anak saya, dia sedang melakukan proses rehabilitasi. And I’m proud of him”. Saya yakin sang anak akan menitikkan airmata karena betapa banyak orangtua yang marah, malu dan mengkspresikan kemarahan dan rasa malu itu dengan menampar sang anak. Padahal jika dirunut ke awal, banyak anak menjadi pemadat justru karena kurangnya peran orangtua dari awal.

Apa yang kurang dari awal?

Komitmen memberi perhatian

Komitmen menjadi orangtua

That’s how far a commitment will take you

Sebagian kita mungkin ada yang mencintai seseorang karena keadaan sesaat. Karena dia baik, karena dia pintar, even mungkin karena dia kaya. Tidak pernah terpikir apa jadinya kalau dia mendadak jahat, mendadak tidak sepintar dahulu, atau mendadak miskin. Will you still love them, then?

That’s why you need commitment.

Don’t love someone because of what/ how/ who they are.

From now, start loving someone because you want to.

Tulisan diatas adalah penggalan dari novel test pack yang dikarang oleh Ninit Yuanita. Novel ini cukup menarik. Di dalamnya menceritakan retaknya hubungan seorang suami yang seorang psikolog dan istri yang berprofesi sebagai pengacara, karena ketiaadan seorang anak padahal mereka sudah menikah cukup lama. Awalnya hal itu tidak menjadi masalah, namun karena masalah pekerjaan dan tuntutan sang istri yang ingin menjadi seorang ibu maka pecahlah kepercayaan diantara mereka. Masalahnya diantara mereka berdua memang terlihat simple, namun kehadiran orang-orang di pekerjaan masing-masing menjadikannya cukup rumit.

Novel ini memberikan inspirasi kepada kita bagaimana seharusnya melakukan hubungan. Banyak makna yang dapat kita peroleh dengan membaca novel ini. Bahasa yang digunakan cukup menarik sehingga kita tidak jenuh membacanya. Tapi penggunaan bahasa Inggrisnya masih kurang baik dan terkadang tidak sesuai dengan grammar. Namun secara keseluruhan novel ini layak unTuk kita baca.

Tidak ada komentar: