Selasa, 25 November 2008

RESENSI BAHASA JURNALISTIK

Data buku
Judul : BAHASA JURNALISTIK Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis
Penulis : Drs. AA Haris Sumadiria M.Si
Tebal buku : 267 halaman
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media ; 2006

Seminggu belakangan saya merasa bingung sekali, soalnya untuk tugas KOMUNIKASI PRAKTIS 3 yang diadakan di kampus tercinta saya, STIKOM Bandung, saya harus menbuat blog atau buku yang berisi resensi atau artikel menarik tentang menbaca.
Alih – alih gak mau ngeluarin budget banyak untuk ngebuat buku, yang gak mungkin juga cuma berisi 10 halaman (parah, hehehe….), akhirnya saya memutuskan untuk buat blog, dan hasilnya seperti yang ada di hadapan rekan – rekan ini. Untuk resensi pertama saya akan coba meresensi buku karangan Dosen Bahasa Jurnalistik saya yang terhormat, Pak Haris.
O ya, sebelum mulai saya mau cerita dulu asal muasal saya memiliki buku ini ; saya membeli buku ini pada awalnya hanya karena ingen mendapat nilai “A” di akhir semester (belinya langsung dari Pak Haros sih, dapet diskon & bisa dicicil lagi). Tapi setelah saya bawa pulang dan iseng saya baca, ternyata isinya sangat menarik dan sangat berguna untuk calon ahli komunikasi dan calon penulis sepertikita (hehehe ngarep). Saya bilang buku ini menarik karena di dalamnya berisi pemaparan kongkrit sebelum dan sesudak pembahasan materi, sehingga kita bisa langsung paham dan langsung merasa terlibat dalam contoh kasusnya. Selain itu, alur buku ini juga teratur, mengalir dengan lancar antara bab per bab. Masalah penggunaan bahasanya, menurut saya ringan dan mudah dipahami, Pak Haris yang merupakan ahli komunikasi dan sering mengisi kotbah maupun sebagai pembicara di seminar – seminar ini sangat pintar memilih penggunaan bahasa yang sesuai dengan sasaran buku ini, mahasiswa. Bagian yang sulit dicerna hanya terletak pada kutipan dari para ahli. Btw sekedar informasai untuk rekan – rekan, saya sudah melahap habis buku ini, walau perkuliahan baru memasuki bab IV. Bab favorit saya adalah bab VIII, dimana dalam bab tersebut membahas “Gaya Penulisan Jurnalistik”. Karena melalui bab ini, saya makin tergugah dan bersemangat menjadi seorang penulis dan saya mencoba untuk menemukan personality dan karakter tulisan saya.
Pada akhirnya, dengan berharap mendapat royalti dari Pak Haris, saya mengajak rekan – rekan yang berkeinginan menjadi penulis atau sudah terjun ke dunia tulis – menulis, untuk memiliki buku ini. Karena saya pastikan rekan – reikan semua tidak akan menyesal memilikinya. Pasti saja, di dalamnya berisi tips dan materi tentang menulis dalam berbagai media, serta trik untuk memilih penggunaan bahasa yang tepat dalam menulis. Selamat membaca dan SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: