Selasa, 03 Februari 2009

Pilar ke5 Masih Bisa Bawa Rejeki ?????




Data Buku :
Judul : Mengelola Radio Siaran
Penulis : Drs. Totok Djuroto, M.SI.
Penerbit : Dalaraprize
Tebal : 194 halaman

Guysss…….. pada tau gak sih, siapa yang disebut dengan pilar ke5 di Negara tercinta kita????
Nahhh, kamu tuh yang dipojok,bener! Jawabannya adalah Radio.
Radio??? Koq bias sih???
Ya..iyalah… Secara dengan radio kita bisa dapet informasi banyak banget dan dengan ruang lingkup yang luas banget, contohnya nih, kita bisa tau ada ketua DPRD yang tewas karena diserbu masa di Sumatera Utara, padahal kitanya ada di Irian Jaya, atau di Bali. Selain itu, Radio yang merupakan salah satu media massa ini memiliki fungsi sebagai control social di Negara tercinta kita ini. Gak percaya???
Buktinya kalian bisa merasakan turunnya harha BBM saat ini, karena gembar – gembornya masyarakat aktivis yang diliput sama media masa, salah satunya yah benda bernama radio ini.
Mungkin saat ini masyarakat kita mengacuhkan radio, bahkan sebagian dari kita menganggapnya barang kuno. Padahal zaman dulu tuh seluruh masyarakat Indonesia tau kalo Indonesia merdeka tuh ya dari radio. Hal tersebut juga didukung sama makin mudahnya kita mendapatkan informasi dari televisi, dan pastinya si bang google, alias media internet yang bisa kita akses everywhere and everytime, apalagi cost yang dikeluarin untuk berinternet ria makin murah saat ini. Itu artinya media radio di Indonesia bahkan diseluruh dunia bakal makin tenggelam dan kehilangan daya tariknya.
Eiiiitssss,,, jangan pesimis dulu dunk, menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk menaikkan minat masyarakat terhadap radio, bisa dengan berbagai cara loh, mulai dari jadi penyiarnya, script writernya, pencari informasi (wartawan), team creatuve, PR, GM, sampai jadi ownernya.
Btw buat rekan sekalian yang berniat merambah dunia radio, khususnya menjadikan radio sebagai lading bisnisnya, saya punya buku nih yang bisa jadi patokan dan motivasi tambahan buat kalian, judulnya “Mengelola Radio Siaran”. Jangan mikir malesnya dulu yah buat baca buku ini, Cuma 194 halaman koq, sehari baca juga udah bisa kelar. Buku karangan Pak Totok ini, berisikan 5 Bab yamg terdiri dari Pengertian Radio Siaran, Operasionalisasi Radio Siaran, Isi Radio Siaran, Mengelola Radio Siaran, dan Peraturan danPerundang – undangan Radio Siaran. Awal bacanya sedikit berat sih, sedikit terpaksa juga karena jadi tugas wajib buat tugas UAS, Tapi setelah dipikir – pikir gak ada salah dan ruginya baca buku ini, kalian tau kenapa???
Penulisnya bisa membuat kita yang kurang tertarik, menjadi tertarik untuk membacanya. Walau pembahasannya sedikit berat, tapi alurnya lancer dan berurutan mengajak kita memahami pengertian radio itu terlebih dahulu sebelum selanjutnya mengenalkan kita terhadap operasionalisasi radio; seperti lembaga yang menaunginya, ruangan siaran, alat siaran dan berbagai bentuk program acara. Setelah menguasai radio barulah kita diajak memahami isi radio tersebut, dari segmen musik, kata, sampai niaga. Serta penjelasan mengenai jenis- jenis berita ada di bab 4 ini. Dan akhirnya setelah kita dibuat tertarik mendulang untung dari bisnis informasi dan hiburan media radio ini, barulah kita diingatkan akan peraturan dan undang-undang tentang radio siaran yang nantinya bisa jadi patokan kita untuk mengelolo radio.
Tertarik????
Baca bukunya dulu yahhh, biar kamu bisa punya patokan untuk berbisnis dalam radio.
Ok d, cari ajah bukunya di toko buku terdekat, pasti ada.
Akhir kata Selamat membaca dan SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: