Selasa, 03 Februari 2009

Cinta Segitiga Terlarang


Judul Buku : New Moon
Pengarang : Stephenie Meyer
Tebal Buku : 600 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2008

Anda tentu masih ingat dengan film Twilight, sebuah film yang baru-baru ini menarik perhatian pencinta film dan menjadi box office. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama tersebut merupakan awal dari tetralogi karangan Stephanie Meyer. Tetralogi ini terdiri dari Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Down.
Kali ini novel yang akan kita bahas adalah buku kedua yaitu New Moon. Buku ini bercerita tentang kisah Isabella Swan yang harus berpisah dengan kekasih tercinta Edward Cullen, kerena Edward tidak mau membahayakan Bella. Bella yang sedang diburu oleh Victoria, vampir yang memakan darah manusia, terpaksa harus meninggalkan Edward. Semenjak itu Bella pun depresi dan berubah menjadi sosok yang pemurung. Ayahnya tidak tega melihat Bella menjadi seperi itu dan berniat mengembalikan Bella kepada ibunya di Phoenix. Namun Bella bersikukuh untuk tetap tinggal di Forks, melakukan rutinitas sehari-hari seperti biasa, dan bertingkah seolah dia tidak apa-apa. Walaupun kehidupan bela tampak mati. Setelah berpisah dengan Edward, Bella tidak peduli lagi dengan teman-temannya sehingga mereka pun akhirnya tidak pernah berkomunikasi dengan Bella dan tidak pernah mencarinya.
Karena ayahnya mengancam akan mengembalikan Bella ke Phoenix jika dia masih bersikap seperti itu, Bella akhirnya mulai menjalani hidup normal kembali dan kembali bergaul dengan teman-temannya meskipun sangat sulit untuk berkomunikasi dengan mereka setelah Bella melakukan aksi diam dan menarik diri dari teman-temannya selama berbulan-bulan. Salahsatu usaha yang dilakukan Bella untuk kembali bergaul dengan teman-temannya adalah dengan mengajak Jessica menonton film Zombie. Dia berusaha keras meyakinkan bahwa dirinya baik-baik saja. Usaha Bella pun berhasil. Dia bisa kembali bergaul dengan teman-temannya setelah itu.
Pada suatu hari, Bella bermaksud untuk memperbaiki sepeda motor yang berada di pekarangan rumah tanpa diketahui oleh ayahnya yang melarang Bella mengendarai sepeda motor. Bella pun meminta bantuan seseorang yang dia tahu ahli dalam memperbaiki sepeda motor yaitu Jacob Black. Ketika dia menemui Jacob, dia merasa ada sesuatu yang menenangkan dirinya. Jacob menjadi sosok yang membuat Bella merasa aman dan Bella sedang sangat membutuhkan seorang sahabat seperti Jacob. Dan secara tidak sengaja, Bella mulai terbiasa dengan Jacob. Berbeda dengan Edward yang serius dan overprotective, Jacob adalah orang yang mengasyikkan dan hangat.
Tapi lama kelamaan Bella tersadar bahwa Jacob tidak benar- benar memberi dia keamanan karena Jacob adalah seorang manusia serigala (warewolf), musuh bebuyutan kaum vampir. Namun apa daya Bella sudah terpikat oleh sosok Jacob. Lalu bagaimana dengan Edward? Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat itu pun Bella masih mencintai Edward namun kemudian datang Jacob yang juga membutnya merasakan cinta.
Buku kedua dari seri Twilight ini memang menceritakan kisah cinta segitiga antara manusia, vampir, dan manusia serigala. Tetralogi yang mengangkat tema cinta dengan tokoh utama vampir ini memang membuat pembacanya terhipnotis dan merasa penasaran. Tapi walaupun bercerita tentang vampir, anda jangan terlalu berharap untuk membayangkan laga action yang menegangkan dan dramatis. Karena buku ini memperlihatkan Bella sebagai sudut pandang utamanya dan pengarangnya juga adalah perempuan yaitu Stephanie Meyer, maka buku ini lebih menonjolkan drama cintanya dibandingkan laga aksinya. Namun secara keseluruhan buku ini sangat menarik dan membuat penasaran. Jika anda sudah membaca buku New Moon ini, barulah anda dapat membaca buku lanjutannya, Eclipse dan Breaking Dawn yang sudah terbit di pasaran. Jadi, selamat membaca!

Tidak ada komentar: